40 Komentar

Keputusan Pemerintah (Menteri Agama) Tentang Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1433 H tahun 2012 Jatuh Pada Tanggal Berapa..??

Jelang bulan ramadhan bisa dipastikan, masyarakat indonesia khususnya kaum muslim akan banyak yg bertanya, kapan sih awal puasa ramadhan tahun 2012 ini..? Atau awal puasa ramadhan 2012 jatuh pada tanggal berapa? Karena memang pada tahun tahun sebelumnya, penetapan awal puasa ramadhan kadang Ϟƍƍαќ sama atau ada perbedaan pendapat antara organisasi kemasyarakatan sepertu NU dan Muhammadiyah serta Pemerintah sendiri.

Tahun ini juga diprediksi kalau awal puasa tidak akan bersamaan. Kalau saya baca berita dibeberapa situs berita terpercaya, muhammadiyah sudah menetapkan bahwa awal puasa ramadhan tahun 2012 ini jatuh pada hari jumat, 20 juli 2012, ada juga yg bilang kalau awal puasa jatuh tanggal 21 juli. tapi sebaliknya untuk NU sampai saat ini belum menentukan kapan ditetapkan 1 ramadhan 1433 H .

Kalau saya sendiri sih, Ϟƍƍαќ suka berdebat.. Jadi yaa.. kalau boleh usul saran, lebih baik kita menunggu saja keputusan hasil sidang isbat dari Pemerintah melalui menteri Agama. Kan begitu ßƦOº°˚˚°ºO .. :D

Tag : Keputusan Pemerintah Tentang Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1433 H tahun 2012 Jatuh Pada Tanggal Berapa..??

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

About these ads

40 comments on “Keputusan Pemerintah (Menteri Agama) Tentang Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1433 H tahun 2012 Jatuh Pada Tanggal Berapa..??

  1. Reblogged this on pasifo98.

  2. Asw. Saudaraku yang se-iman yang dirahmati Allah SWT, penentuan jatuhnya 1 ramadhan dan 1 syawal 1433 H, bagi Muhammadiyah sudah jelas pada tanggal 20 Juli 2012 tepat hari jum’at dengan metode Hisab, sedang NU dan Pemerintah (Menag) menunggu hasil sidang Isbat. Yang Terpenting adalah Ijtihad dalam menentukan masuknya 1 ramadhan dan 1 syawal 1433 H didasari tanggung jawab sebagai amanah dari ummat muslim di negara tercinta ini. dan bukan mencari titik sisi perbedaan yang justeru terkesan ada perpecahan pada diri ummat islam sendiri. (Yang perlu digarisbawahi : Muhammadiyah dg metode hisab tidak hanya dilakukan hanya untuk menentukan masuknya 1 ramadhan dan 1 syawal, tetapi juga tentang terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan yang telah terbukti tepat waktu awal dan ber-akhirnya gerhana bulan dan matahari), sedang NU dan pemerintah dengan memakai 2 derajat sebagai acuan masuknya awal 1 ramadhan dan 1 syawal). Perbedaan itu rahmat, ASAL JANGAN ASAL BERBEDA. Mari kita Melaksanakan Ibadah kepada Allah SWT karena atas dasar IMAN dan TAQWA. Insyaallah bangsa ini menjadi aman, dan tenteram, dan sejahtera dalam naungan rahmat dan Ridlo ALLAH SWT. Amiin. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  3. alangkah baiknya menunggu sesuai keputusan pemerintah dalam hal ini mentri agama,harusjadi umat beragama yg baik

  4. kalo membuat plan menggunakan sistem rukiyat pasti amburadul,kenapa lawong untuk menyusun kalender untuk bulan kedepan saja harus ngelihat bulan,capek deh

  5. membingungkan

    klw memang blm ada keputusan knp bnyk org yg blg puasa tgl 20 , tp ada jg yang blg tgl 21 ?
    jd .. tgl brp puasa yg sbnr nya ?

  6. klo gw sih ikut pemerintah ja ah..
    nyari aman (^、,^)!

  7. athi’ullah warrosul wa ulil amri minkum……petikan ayat alquran disamping, sudah jelas utk kita mengikuti acuan dari orang yang jadi pemimpin kita(arti disini pemerintah). karena sudah ada yang bertanggung jawab masing2. dari pada sendiri2 kalau salah ditanggung sendiri. mending berjama’ah ikuti aturan pemerintah.
    wallahu a’lam bisshowaab…

  8. asslm.alhamdullh puji syukur pada hari ni,masih dalam rahmat Allah SWT, dsini saya sebgai umat nabi Muhammad SAW, ingin menyampaikan pesa kepada Menteri Agama dan Nu seklian, coba lah lebih bijaksana mngmbil tindkn,! kapan sebenarnya puasa Ramdhan ini dlaksanakan,?jgn membuat masyarakat jadi bingung.sudah cukup tahun kemarin sampai terjadi lebaran di tunda.saya mewakili seluruh kaum nya nabi muhammad SAW,agar meteri agama bisa memmastikan ril?

  9. YANG PENTING BAREN,, JANGAN LAGI ADA PERBEDAAN SOALNYA SEMUA ILMU YANG DIGUNAKAN ADALAH SAMA… KNP HARUS ADA PERBEDAAN DALAM HASILNYA…..
    ATAU MANUSIANYA MEMANG YANG MEMBUATNYA BERBEDA.

  10. ntu pemerintah harus tegas menjadi patokan puasa

  11. Prediksi saya tgl 21 Juli 2012 (keputusan pemerintah)

  12. tunggu saja keputusan darai pihak yang kita ikuti bukan begit broooor

  13. kami di aceh sih
    tanggal 21.
    kami semua mengikuti keputusan pemerintah juga

  14. Kholilurrohman, ahsantum akhi, memang seperti itulah seharusnya nya, dan seperti itu pula yang di contoh kan nabi kita muhammad saw, dan lagi pemerintah menggunakan metode yang di ajarkan rasulullah saw, yaitu ru’yatul hilal,
    Akhi sekalian, beribadah bukanlah didasarkan atas hawanafsu kita, tetapi harus berdasarkan ilmu, ilmunya udah jelas dan ada di dalam al-qur’an seperti yang di contohkan akhi Kholilurrohman, akhi, yang di maksud perbedaan itu rahmat, bukanlah yang seperti ini, tetapi itu terjadi dikalangan para ulama yang mereka berbeda pendapat dalam menafsirkan hadits, tetapi perbedaan mereka itu tidak membuat mereka terpecah belah,mereka tetap mengutamakan hadits tersebut daripada pendapatnya masing-masing,, coba bandingkan dengan perbedaan sekarang, sungguh jauh dari rahmat, masing2 lebih mengutamakan pendapat kelompoknya masing2, dan hadits nabi di nomor duakan, bahkan al-qur’an pun, dianggap angin lalu,

  15. Kepada pa meneg yg terhormat untuk keputusan tentang awal masuk ramadan pd sidang isbat mhn untk d segerakan. Kami segenap masyarakat awam merasa bingung dngan keadaan seperti sekarang..

  16. Assalamualykm wahai umat muslim saudaraku..penentuan 1 ramadhan yaitu melalui sidang rukyat yg d lakukan oleh NU(kementrian agama)adlh sangat tepat dlm mengmbl kptsn sesuai dngn hadis rasul!

  17. Emang nanti kalo kita meninggal di tanya… siapa imam kamu? emang bisa ya kita ngejawab Pemerintah?……

  18. sy jdi bingung nih ko, ribet banget sih……..

  19. udah NU sama Muhamdiyah bersatu aja apa susahnya sih…biar melaksanakan ibadah puasanya bersmaan …untuk menjalin tali persaudaraan jadi jangan terus berdebat…

  20. Kalo aku bingung kapan tanggal puasa karna aku sudah mau bikin dendeng daging untuk makan sahur,,,,,,,

  21. Perbedaan kok di jadikan musimam Tahunan ki piye tho,,kumaha ieu?Sebagai umat Islam,,,harusnya sdh pd tahu semua,,,marilah kita bersatu demi ukuwah islamiyah di indonesia,,,bersatulah demi agamamu dan demi negaramu,,,masa NU dan Muhammdiyah,,,,gak bs bersatu,Terus gmn dengan ISLAM di indonesia…
    y wislah Puasa kapan aja monggo ae,yang penting Niat hanya karena ALLOH SWT

  22. nabi nyuruh kite liat bulan,ga usah ngeduluin……

  23. Yang penting NIAT UNTUK BERIBADAH….!!! jangan lah perbedaan di jadikan ajang siapa YANG PALING BENAR..!!! BERSATULAH UMAT KU….!!! Janganlah kau TERCERAI BERAI…. BERSATU DAN BERSATU… ISLAM AL THE BEST..!! ALLOHUAKBAR…!!!

  24. tanggal manapun yg penting mnjalankan puasa ramadhan dri pada dah repot2 ngurusin tgl brpa tpi ujung2ny ga pada puasa…

  25. iya tunggu saja…..!!!

  26. Yang satu lewat hisab…yg satu lewat sidang isbat….kalau dua-duanya benar….mana yang paling benar ??? yang paling benar harus menjadi acuan….agar umat tetap satu….walaupun ada 2 cara tapi kan yg benar tetap ada satu tanggal…….Bersatulah wahai umat islam….agar kami masyarakat biasa merasa tenang & yakin….Aamiin YRA…

  27. singapore kamis/jum’at

    Ai : 2789

    silahkan mampir

    http://klkcity.co.cc

    thanks

  28. Saya yang goblok ini hanya sedih dan prihatin dengan Muhammadiyah, kenapa untuk yang ‘satu’ ini tidak mau kompromi dengan Pemerintah, padahal semua ormas2 besar sudah sepakat dengan Pemerintah. .. demi kebaikan umat.

  29. tgl 20 kali yah….

  30. ikutin ja keputusan menteri agama,,,

  31. aku tunggu kputusan pemerintah hehehehe

  32. athi’ullah warrosul wa ulil amri minkum…… (artinya taatilah Alah dan Rasulnya serta para pemimpinmu) menurut saya yang dimaksud pemimpin disini yaitu orang yang berdominan atau yang lbih tau tentang ilmu agama boleh di katakan sperti ulama bukan pemerintah, sebanya yang namanya pemerintah itu sudah pasti dominanya dalam urudan dunia bukan dalam hal kemaslahatan jadi kesipulanya kalo kita yakin bahwa menurut pemimpin kita itu awal ramadha jatuh pada tanggal 20 Juli 2012 ngapain kita mesti ngikutin keputusan pemerintah yang konotasinya bahwa kepeutusan tersebut bisa di politisir oleh kelompok golongan yang cenderung mayoritas tanpa melihat dasar hukum Islam yang sebenarnya.

  33. aman nya tanggal 21 aja dah .. :D

  34. Pemerintah itu banyak NU atau Muhammadiah?…

  35. Awal puasa ramadhan tahun 2013 jatuh pada tanggal berapa ? Ÿª♌g‎​ τaΰ informasinya silahkan ∂ï share yaa.. :)

    *Puasa Ramadhan 1434 H*

  36. → 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada tanggal berapa Juli 2013 ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: